Kondisi 5 Korban Kecelakaan Mobil Masuk Jurang Cepogo Boyolali




 suaritoto-Boyolali - Kecelakaan tunggal mobil masuk jurang sedalam sekitar 50 meter terjadi di tikungan tajam jalur wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB) di Boyolali. Mobil itu berpenumpang lima orang termasuk sopir.

"Tidak ada (korban) yang meninggal dunia," kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto, Minggu (26/11/2023).


Kecelakaan tersebut dialami mobil Honda Mobilio (sebelumnya ditulis Brio), bernomor polisi K-8403-NK. Mereka rombongan dari Jepara tujuan ke Magelang.


Kecelakaan terjadi di ruas jalan Boyolali-Selo, di tikungan tajam Dukuh Candi Baru, Desa Genting, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Terjadi pada dini hari tadi sebelum waktu subuh.



"Mereka dari Jepara mau ke Magelang," jelas Agista.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, mengatakan mobil tersebut dikemudikan oleh ABD (41) warga Kudus. Sedangkan empat penumpangnya yakni MK (36), SNT (40), AK (43) dan SHL (43). Ke empatnya warga Sukodono, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.



Kondisi Korban
Untuk kondisi korban, jelas Budi, sopir mengalami luka ringan dan dirawat di RSUD Pandan Arang. Kemudian untuk MK dan SNT, selamat dan tak mengalami luka. Sedangkan AK dan SHL, menjalani rawat jalan.



Kronologi kejadian bermula ketika mobil minibus Honda Mobilio yang dikemudikan ABD melaju dari arah bawah atau dari Boyolali ke arah Magelang. Sesampainya di TKP, di tikungan tajam dan menanjak itu, mobil hilang kendali hingga menabrak pembatas jalan dan terjun ke jurang.



Mobil yang seharusnya menikung ke kiri itu justru lurus hingga menabrak guardril atau pagar pembatas jalan. Guadril itu pun ambruk ke arah jurang.



Mobil warna putih itu pun terjun ke lahan pertanian warga di lereng jurang dengan tingkat kemiringan sekitar 45 derajat. Mobil terus ke bawah dan berhenti di dasar jurang dengan posisi terbalik. Batas lahan pertanian warga dengan dasar jurang itu berkedalaman sekitar 5 meter.



Kecelakaan diduga karena sopir yang belum menguasai kondisi medan. Apalagi kondisi jalan Cepogo - Selo banyak tikungan tajam dan kondisi jalan menanjak.




"Keterangan yang kami dapat, mereka rombongan dari Jepara mau ke Magelang. Harusnya lewat Bawen, tapi kebablasen sampai Boyolali. Kemudian buka map dan lewat jalan Boyolali-Magelang melalui Selo," jelasnya.





Polisi Imbau Pengendara Hati-hati
Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang melintas di jalur Boyolali-Selo untuk selalu berhati-hati dan mengenali rambu-rambu yang ada di sepanjang jalur tersebut.




Jalan Boyolali - Magelang dari Cepogo sampai Selo, kondisi jalannya berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam. Kondisi jalannya juga menanjak.



"Paling utama adalah kenali medan. Kedua, sebelum bepergian agar selalu mengecek kendaraan, sehingga saat dibawa betul-betul dalam kondiso fit. Namun yang utama, adalah kepada masyarakat betul-betul mematuhi rambu-rambu yang ada di sepanjang jalan tersebut dan kenali medan dan selalu berhati-hati, utamakan keselamatan dalam berkendara sehingga bisa mengurangi kejadian laka lantas di wilayah Boyolali," imbau dia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama