Kecelakaan Maut Bus Rosalia Tewaskan 7 Orang, Sopir Jadi Tersangka!


 Suaritoto- jakarta - Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Batang-Semarang. Kecelakaan itu menewaskan 7 orang. Jumat (12/4/2024) peristiwa itu terjadi Kamis (11/4/2024), pukul 06.35 WIB. Saat kejadian, bus tengah melaju di jalur A dari arah barat ke timur. Bus kemudian kelua jalan dan masuk ke parit sepanjang 200 meter.


"Pengakuan pengemudi Bus PO Rosalia Indah nopol AD 7019 OA berjalan dari arah barat ke timur, di lajur kiri," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu, Kamis (11/4/2014).


Kasatlantas Polres Batang, AKP Wigiyadi mengatakan bus terus melaju meski sudah dalam kondisi masuk parit. Jarak antara titik masuk parit hingga bus terhenti membentang sepanjang 150 meter.


"(Supir) Dia ambil jalur dua karena mengantuk langsung masuk ke parit, kurang lebih titik awal masuk (parit) di Km 370+50, titik akhir 370+200, berarti 150-an (meter) terseretnya," katanya.


Bus tersebut memiliki 34 penumpang termasuk sopir dan kondektur. Sebanyak 7 orang dinyatakan meninggal dunia, 15 orang luka-luka, dan 12 orang lainnya selamat.


Diketahui, 2 korban meninggal merupakan balita. Kondektur bus juga menjadi korban tewas dalam kecelakaan itu.


"Kecelakaan tunggal yang melibatkan Bus Rosalia Indah di KM 370 A tol Batang-Semarang mengakibatkan 7 orang meninggal dunia itu salah satunya kondektur dan 2 korban meninggal diantaranya masih berusia balita. 17 korban masih dirawat di RSI Weleri sementara 12 orang lainnya selamat," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan saat press conference di RSI Weleri, Kamis (11/04/2024).


Dugaan sementara kecelakaan terjadi akibat sopir kelelahan dan mengantuk. Hal itu didapat berdasrkan keterangan saksi dan pengemudi yang mengaku lelah.


"Keterangan dari saksi terutama pengemudi ini mungkin keterangannya adalah dari awal sudah kelelahan jadi kemungkinan, ini kemungkinan terjadi microsleep sehingga terjadi kecelakaan tunggal," kata Aan

 Baca Juga Pengemudi Becak Motor Tewas Ditabrak KA di Medan, Terseret hingga Masuk Parit

Saat ini sopir PO Rosalia Indah tersebut telah diamankan untuk dimintai keterangan. Selain itu, polisi masih melakukan identifikasi untuk mencari penyebab pasti kecelakaan bus Rosalia Indah. Hasil penyelidikan awal tak menemukan adanya jejak rem di lokasi kejadian.


"Namun fakta di lapangan, di TKP belum ditemukan jejak rem," ujar Aan di RSI Weleri, Kendal, Kamis (11/4/2024).


Direktur PT Rosalia Indah Transport, FX Adimas Rosdian, turut berduka cita atas kecelakaan tersebut.


"Betul, kami prihatin dan berdukacita yang mendalam untuk korban dan keluarga korban," katanya, Kamis (11/4/2024).


Lebih lanjut, Adimas mengatakan penumpang yang selamat telah dievakuasi dengan armada bus yang baru.


"Penumpang yang selamat sudah dievakuasi dengan bus baru," ujarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama